oleh

Hadiri Rakornas Transmigrasi, Winarti : Wapres Ingatkan Pentingnya Transmigrasi untuk Kesejahteraan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tulangbawang Winarti menghadiri Rakornas Transmigrasi tahun 2019 di Golden Ballroom The Sultan Hotel and Recidence, Jakarta, Kamis (1/8).

Rakornas bertema Revitalisasi Pembangunan Ekonomi Kawasan Transmigrasi 4.0 tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Selain itu juga turut hadir Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Trasnmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono; Menteri Pertanian Amran Sulaiman; staf khusus Wapres; serta beberapa kepala daerah di Indonesia.

Winarti kepada radarlampung.co.id mengungkapkan, untuk Lampung yang hadir dan mendapatkan undangan yakni Kabupaten Tulangbawang dan Mesuji.

Winarti menerangkan, dalam Rakornas tersebut Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengungkapkan melalui transmigrasi mampu membentuk dua provinsi baru, 104 kabupaten baru, 335 kecamatan baru, dan 1.184 desa definitif baru.

“Pak Menteri (Mendes PDTT) juga mengatakan jika pada tahun 2015 – 2019 transmigrasi mampu menghasilkan pembangunan sarana dan prasarana serta ekonomi yang maju,” kata Winarti kepada radarlampung.co.id.

Mantan ketua DPRD Tulangbawang itu mengungkapkan, untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dan membangun wilayah transmigrasi, Kemendes PDTT juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak swasta dan Kementerian lain.

“Selain itu, kata Pak Menteri dukungan teknologi juga sangat membantu karena dapat digunakan untuk pengembangan revitalisasi pembangunan ekonomi kawasan transmigrasi melalui informasi dan sosialisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Winarti menuturkan jika Wapres Jusuf Kalla menekankan kepada kepala daerah untuk mengembangkan wilayah transmigrasi agar lebih maju dan berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Transmigrasi pada dasarnya untuk meningkatkan kesejahteraan di antara dua bagian, baik masyarakat sekitar maupun pendatang di daerah tersebut. Kata pak JK (Jusuf Kalla) itu yang disebut program transmigrasi berhasil,” jelas Winarti.

Dilanjutkannya, Pemerintah Pusat saat ini juga tengah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan yang merata untuk daerah transmigrasi.

“Pemerintah Kabupaten Tulangbawang tentu akan mendukung penuh program Pemerintah Pusat terkait peningkatan kesejahteraan di daerah transmigrasi. Apalagi, Tulangbawang saat ini juga menjadi salah satu daerah transmigran yang didiami oleh masyarakat dari berbagai latar suku dan agama yang hidup rukun berdampingan,” tandasnya. (nal/sur) 

Komentar

Rekomendasi