oleh

Senin, Tim Gabungan Pantau Hewan Qurban

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai langkah menjamin kesehatan hewan qurban yang akan dikonsumsi masyarakat, Dinas Pertanian Kota Bandarlampung akan tiga kali melakukan pemeriksaan hewan qurban.

Pertama pemeriksaan dilakukan di tingkat lapak pedagang, kemudian sehari menjelang Hari Raya Idul Adha dilakukan pengecekan antemortem, dan hari H melakukan pemeriksaan postmortem di masjid-masjid.

M. Rifki Fabillah selaku Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Dinas Pertanian Kota Bandarlampung menurutkan, sejauh ini pihaknya dari Bidang Peternakan telah mulai melakukan pemantauan di lapak pedagang hewan qurban. Pemantauan mulai dilakukan Rabu (31/7).

“Kita mulai kemarin (Rabu, red), selanjutnya Senin mendatang tim gabungan baik Kepala Dinas, dari Provinsi, juga Persatuan Sarjana Peternakan akan melakukan monitoring bersama,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Kamis (1/8).

“Pemeriksaan dilakukan terkait tampilan visual seperti kelincahan hewan, nafsu makan, dan lainnya,” ucapnya.

Kebanyakan tenemuan di lapak-lapak, didapati hewan qurban stress akibat proses pengangkutan. “Ya paling banyak ditemukan kondisinya flu akibat stress, nanti yang sudah kita minitoring akan diberi keterangan telah diperiksa oleh dinas beserta keterangan jumlah hewan dan dipasang stiker ciri-ciri hewan sehat,” ungkapnya.

Pemasok hewan qurban di Bandarlampung, kata dia, rata-rata berasal dari luar kota. Mulai dari Pesawaran, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Pringsewu. (pip/sur) 

Komentar

Rekomendasi