oleh

Balai Wartawan PWI Tubaba Dibangun, Telan Biaya Hingga Rp800 Juta

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menargetkan pembangunan Balai Wartawan Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)sudah dimulai awal September 2019 mendatang.

Balai Wartawan tersebut akan dibangun satu lokasi dengan Rumah Suku Baduy, jalan baru menuju arah lokasi Mapolres Tulangbawang Barat, tepatnya di belakang rumah dinas bupati, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Desain bangunan tersebut menggunakan hampir 100 persen bambu dengan kontruksi bangunan dua lantai. Kepala Dinas PUPR Tubaba Iwan Mursalin, S,.Si,.MM,.MT, menyebutkan, total anggaran pembangunan Balai Wartawan tersebut mencapai Rp800 juta. Dan ditargetkan pembangunannya akan rampung pada Desember 2019. “Kontrak kerja kan 4 bulan, kita tergetkan September sudah dimulai, dan anggarannya mencapai Rp800 juta,”ungkapnya Jumat (2/8).

Iwan menambahkan, bangunan tersebut didesain menggunakan material bambu dengan konsep tradisional, dua lantai. Di bangunan itu, lanjutnya, akan terdapat beberapa ruangan dan aula pertemuan yang sangat luas.

”Nanti setelah selesai dibangun, Kantor ini bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan, dan bisa menjadi tempat edukasi mereka terkait hasil kerja jurnalistik wartawan di kabupaten ini,”paparnya.

Meski terbuat dari bambu, dia meyakini konstruksi bangunan tersebut mempunyai kekuatan hingga puluhan tahun, karena bambu tersebut diolah terlebih dahulu hingga dapat digunakan sebagai bahan baku yang permanen.”Mungkin ini satu-satunya di Indonesia bangunan kantor wartawan yang menggunakan material dari bambu,”pungkasnya.

Ketua PWI Tubaba Edi Zulkarnaen menyambut baik dibangunnya balai wartawan yang akan menjadi kantor PWI tersebut.”Kita berharap, kantor itu nantinya akan menjadi salah satu motivasi bagi teman-teman dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dengan profesional, sekaligus bermanfaat sebagai lokasi edukasi jurnalistik,”singkatnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi