oleh

Pilrek Unila, Panitia Telusuri Rekam Jejak Bakal Calon Rektor

radarlampung.co.id- Panitia seleksi Bakal Calon Rektor Universitas Lampung menelusuri rekam jejak para bacarek. Panitia bahkan menggandeng beberapa biro di Unila.

Ketua Senat Universitas Lampung (Unila) Prof. Heryandi mengatakan, jika ada dari pendaftar ini yang tidak memenuhi syarat administrasi, akan otomatis gugur sebagai bakal calon rektor, dan tidak dapat mengikuti penyampaian visi misi serta program kerja.

“Seperti plagiarisme, kita minta bantuan cari tracking dari publikasi, dari teman-teman di lembaga penelitian, ada tidaknya indikasi plagiarismenya. Kemudian, terkait administrasi, kita bekerjasama dengan biro kepegawaian, apakah ijazah tersebut benar di legalisir. Selain itu, kita lihat terkait kedisiplinan bakal calon rektor ini, pernah dipidana atau tidak, dan lainnya, kita bekerja sama dengan teman- teman yang berkompeten di bidangnya. Proses seleksi administrasi tanggal 1 dan 2 ini, hasilnya akan diumumkan sekitar tanggal 5,”katanya, Jumat (2/8).

Ia menjelaskan, setelah ada tiga nama yang akan menjadi calon rektor, pihaknya akan membawa tiga nama tersebut ke kementerian Ristek dan Dikti untuk dinilai oleh Menteri. Nantinya, Kementerian akan memeriksa, menilai dan mencari rekam jejak para tiga besar calon rektor tersebut.

“Nanti apabila salah satu calon terindikasi atau ternyata ada terkait persoalan yang ditracking tersebut, berdasarkan Permen Ristekdikti Nomor 21, prosesnya harus diulang dari penjaringan, dan yang bersangkutan tidak boleh diikutasertakan. Karena itu, teman-teman yang nanti menjadi calon rektor harus steril dari hal-hal seperti itu. Agar tidak ada proses yang dibatalkan,”pungkasnya. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi