oleh

Turunkan Satgas Periksa Hewan Kurban di Pesawaran

radarlampung.co.id – Dinas Pertanian Pesawaran membentuk satuan tugas (satgas) mengantisipasi masuknya hewan kurban yang tidak sehat. Sebanyak 27 orang dilibatkan dalam tim tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N, melalui Kabid Peternakan Dedy Noviansyah mengatakan, satgas akan dilepas Senin (5/8). Mereka terdiri dari empat dokter hewan, tiga paramedis, dan inseminator.

”Mereka akan memantau hewan kurban yang ada di lapak-lapak penjualan. Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat, maka kita akan berikan label layak. Kalau tidak sehat seperti terserang virus Anthrax dan virus Jimbrana, maka kita larang atau tidak diberikan izin untuk dipotong,” kata Dedy.

Menurut Dedy, pegecekan hewan kurban yang ada di lapak penjualan hewan merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, hewan tersebut tidak hanya berasal dari Pesawaran. Namun tidak menutup kemungkinan dari luar Pespawaran atau luar Lampung. Lampung atau diluar pesawaran

”Pada hari H (Lebaran) nanti, kita lakukan pemeriksan posmortem dan antimortem. Untuk mengetahui apakah hewan kurban mengandung cacing hati atau tidak serta indikasi lainnya,” jelasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi