oleh

UIN Raden Intan Rencanakan Buka Fakultas Baru

radarlampung.co.id- Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung berencana akan merintis membuka satu fakultas baru. Yaitu Fakultas Adab, Sejarah dan Perpustakaan.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri mengatakan, pihaknya masih merencanakan untuk membuka fakultas baru yang saat ini masih akan dimatangkan.”Iya masih rencana. Kita mapan dulu lah. Ini kan kita baru mulai,” katanya Kamis (1/8).

Dalam fakultas tersebut, rencananya akan ada program studi yang secara khusus mempelajari tentang sejarah, termasuk juga sejarah Lampung, dan juga Bahasa Arab.

“Bagaimana islam pertama kali masuk ke Lampung dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan nanti kedepannya akan buka juga Prodi Bahasa Lampung. Karena ini harus diberdayakan, harus kita afirmasi, karena jika tidak bahasa-bahasa lokal bisa hilang,” ungkapnya.

Budayawan Lampung Isbedy Stiawan merespon positif rencana tersebut. Namun, menurutnya, rencana dibukanya prodi Bahasa Lampung tersebut juga harus diimbangi dengan kekuatan pemerintah.

“Misalkan lulusan bahasa Lampung bisa langsung ditempatkan tanpa mereka menganggur. Pemerintah bisa menyiapkan seperti apa mereka nanti setelah lulus. Kalau tidak seperti itu, dikhawatirkan tidak akan jalan, dan bisa juga prodi tersebut tutup,” terangnya, Kamis (1/8).

Namun, ia menilai positif rencana tersebut. Karena salah satu upaya untuk melestarikan budaya Lampung.”Saya kira bagus, dan positif. Karena langkah untuk melestarikan Budaya Lampung juga,” pungkasnya. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi