oleh

Wagub Nunik Dukung TK Pertiwi Metro Juara LSS-UKS/M Nasional

RADARLAMPUNG.CO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) memberikan motivasi kepada TK Pertiwi Metro agar bisa menjuarai Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) tingkat Nasional Tahun 2019, Jumat (2/8).

TK Pertiwi Metro mewakili Provinsi Lampung yang ditetapkan sebagai salah satu nominasi tingkat nasional pada ajang perlombaan tersebut. “Ini menjadi kewajiban kita semua untuk memberikan salah satu hak yang dimiliki anak yaitu mendapatkan pendidikan termasuk juga hak kesehatan yang ada di sekolah,” kata Nunik-sapaan Chusnunia.

Menurutnya, penyelenggaraan UKS/M ini adalah salah satu upaya pembinaan untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat yang terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan unsur Pemerintah, sekolah dan masyarakat.

“Usaha pembinaan ini harus dilakukan secara berkolaborasi, tidak hanya pemerintah dan sekolah saja, terutama juga harus ada peran orang tua,” ujarnya.

Tak hanya itu, sambung Nunik, setiap sekolah harus memastikan tersedianya jajanan sehat untuk anak-anak. Terlebih, Pemprov Lampung terus melakukan dukungan dengan maskimal agar sekolah di Provinsi Lampung salah satunya di Kota Metro menjadi sekolah yang sehat.

“Dengan adanya lomba ini bisa memotivasi kita untuk lebih baik lagi memberikan hak pendidikan untuk anak-anak kita terutama bidang kesehatan. Semangat terus kepada seluruh tenaga pengajar dan pihak terkait untuk mewujudkan sekolah sehat untuk anak-anak kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Agung Tri Wahyunto mengatakan, lomba UKS/M 2019 ini diikuti 24 Provinsi. Ia menjelaskan untuk jumlah peserta yang akan mengikuti lomba tersebut dikelompokan menjadi beberapa kategori atau jenjang pendidikan. Rinciannya, TK sebanyak 21 peserta, SD 24 peserta, SMP 25 peserta dan tingkat SMA/SMK berjumlah 24 peserta.

“Untuk proses penilain tidak hanya dilakukan pada hari ini saja, tim juri akan melakukan kunjungan kembali pada September dalam pemotretan sesaat dan verifikasi, kemudian pada minggu ketiga bulan Oktober tim juri menetapkan pemenang,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi