oleh

Meriahkan HUT Ke-82 Metro, Kagama Gelar Wayang Kulit

radarlampung.co.id – Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Metro menghelat pagelaran wayang kulit di Lapangan Samber, Sabtu malam (3/8). Kegiatan ini dalam rangka turut memeriahkan peringatan HUT Ke-82 Metro dan HUT Ke-74 Republik Indonesia.

Wayang kulit dengan dalang Ki Kunto Guritno ini membawakan lakon Semar Mbangun Deso. Gelaran ini menghadirkan sinden Yosi dari Blitar, Jawa Timur dan Sri Gingsul dari Lampung.

Hadir dalam acara itu Wakil Wali Kota Metro Johan, Ketua Kagama Lampung dr. Suradi Sujarwo dan Ketua Kagama Metro Bangkit Haryo Utomo.

Baca :   DPD Asita Lampung Gandeng 40 Voulenter

Dalam sambutannya Johan menyampaikan, pembangunan di Metro tidak terlepas dari partisipasi para pihak. Termasuk keluarga besar Kagama yang mengabdi di Pemkab setempat maupun profesi lain.

Johan juga memberikan apresiasi atas kepedulian Kagama dalam pelestarian seni budaya nusantara. “Wayang merupakan warisan budaya nusantara yang harus dilestarikan,” tegas Johan dalam acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Metro Ana Morinda.

Baca :   MKKS SMK Gelar LKS-O2SN-FLS2N Tingkat Kota Metro

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kagama Lampung dr. Suradi mengatakan, kesenian wayang kulit telah diakui dunia sebagai warisan budaya nusantara yang mengagumkan.

“Dunia saja mengakui keberadaan wayang kulit sebagai warisan budaya nusantara. Sudah seharusnya masyarakat Indonesia, termasuk warga Metro ikut melestarikannya,” kata Suradi.

Sementara Ketua Kagama Metro Bangkit Haryo Utomo mengungkapkan, acara itu terlaksana bekerjasama dengan Paguyuban Kosti dan Paguyuban Pencinta Wayang Kulit Metro. (wid/ais)

Komentar

Rekomendasi