oleh

Tanggamus Aman, Jangan Percaya Hoax Soal Gempa!

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus menyatakan tidak ada korban jiwa, luka-luka atau bangunan rusak saat gempa yang terjadi, Jumat (2/8) lalu. Ini diperkuat dengan laporan para camat di wilayah masing-masing.

Plt Kepala BPBD Tanggamus Ns. Maryani mengatakan,  pihaknya menurunkan personel dan menghimpun laporan dampak gempa. Hasilnya tidak ada kerusakan dan dampak tsunami di pesisir kabupaten itu.

“Kami sudah melakukan pendataan di setiap wilayah, khususnya daerah pesisir. Tidak ada korban jiwa maupun bangunan rusak,” kata Maryani, Minggu (4/7).

Maryani mengungkapkan, pihaknya sudah mengecek informasi rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Gisting. Hasilnya, berita tersebut tidak benar.

”Beredar di medsos, rumah bagian depannya roboh. Katanya di Gisting. Tapi begitu personel kami turun mencari tahu, ternyata tidak ada. Itu rupanya foto rumah di Banten yang dikirim untuk saudaranya di Lampung. Kami pastikan info tersebut hoax,” tegasnya.

Ia juga meminta masyarakat mencari informasi yang benar dari sumber yang tepat. Kemudian jangan menyebarkan informasi dari sumber yang tidak bertanggung jawab.

Meski kondisi sudah aman, Maryani mengimbau masyarakat tetap waspada. Khususnya bagi yang tinggal di daerah pesisir. Jika ada tanda akan tsunami, segera menyelamatkan diri. Pergi ke daerah yang lebih tinggi.

”Kalau yang sudah mengungsi, baiknya kembali ke rumah. Mengungsi boleh saja, kalau masih takut. Tapi itu untuk perempuan dan yang punya anak kecil. Kalau laki-laki, baiknya pulang. Jaga rumahnya,” tegasnya. (ehl/ral)

Komentar

Rekomendasi