oleh

Tugas Pj. Kades, Jaga Suasana Kondusif Selama Tahapan Pilkades!

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengintruksikan kepada seluruh penjabat (Pj.) kepala desa (kades) yang akan menggelar pemilihan kepala desa serentak Oktober mendatang dapat menjaga kondusifitas masing-masing wilayah. Kemudian mengantarkan serta menyukseskan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

“Kepada Pj. Kades, harus bisa membawa suasana kondusif di tengah suasana politik yang berkembang. Khususnya di desa yang menggelar pilkades,” kata Dendi Ramadhona, Minggu (4/8).

Verifikasi berkas bakal calon kepala desa selesai dan nantinya masuk dalam tahapan kampanye. Aparat desa bersama kepolisian akan menjaga ketat suasana agar kondusif. Sehingga tidak terjadi gesekan yang akan membuat suasana tidak kondusif dan tidak nyaman

“Nah, itu yang akan kita jaga bersama pihak kepolisian dan Kodim dalam pencegahan serta penanggulangan konflik pilkades pada saat pra hingga pasca pemilihan,” tegasnya.

Terkait pilkades serentak, Pemkab Pesawaran sudah melakukan briefing hingga tingkat kecamatan. Hal itu bertujuan terjalinnya sinergitas antara pemkab, kecamatan dan panitia pilkades.

“Kita sudah briefing tingkat kecamatan. Bagi desa yang akan menggelar pilkades, harus lebih bisa efektif dalam sosialisasi serta koordinasi dengan panitia,” ucapnya.

Lebih lanjut Dendi mengungkapkan, seleksi tertulis calon kades dilakukan dengan system CAT. Khususnya bagi desa yang memiliki calon kades lebih dari lima orang. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi