oleh

Triwulan Kedua 2019, Ekonomi Lampung Tumbuh 5,62 Persen

Radarlampung.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, perekonomian provinsi Lampung triwulan II-2019 tumbuh 5,62 persen atau menguat dibandingkan triwulan II-2018. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Lampung juga masih lebih tinggi dibanding nasional yakni sebesar 5,05 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Statistik Produksi BPS Lampung, Dwiyana Suharyati mengatakan, ekonomi Lampung triwulan II 2019 menguat sebesar 5,35 persen dibanding triwulan II 2018 (year-on-year).

“Ini cukup bagus karena Lampung masih lebih tinggi dibandingkan nasional,” kata Dwiyana ditemui usai rilis Pertumbuhan Ekonomi Lampung triwulan II-2019 di kantornya, Senin (5/8).

Dari sisi produksi, sambungnya, pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha pengadaan listrik dan gas, serta industri pengolahan. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai komponen pengeluaran konsumsi lembaga non-profit sebesar 10,65 persen.

“Pengadaan listrik turut mendorong pertumbuhan ekonomi Lampung. Kebetulan juga di triwulan II 2019 ini, gas kota itu sudah masuk. Kalau dari sektor industri kita juga tumbuh karena memang kalau dari pabrik gula dan nanas sudah ada penggilingannya,” tambahnya.

Sementara dibanding triwulan I 2019, ekonomi Lampung masih tumbuh 4,92 persen. Kemudian dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha industri pengolahan, transportasi dan pergudangan, serta penyediaan akomodasi dan makan-minum.

Sedangkan dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi pada komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 30,89 persen.

“Untuk makanan, ada dari pakan ternak juga, sedangkan kalau minuman memang ada peningkatan dari minuman bersoda dan gelasan. Karena di triwulan II itu ada Pilpres, jadi banyak permintaan juga untuk minuman cup tersebut,” tandasnya. (ega/kyd)

Komentar

Rekomendasi