oleh

Akomodir Catatan dan Saran, KPU Tubaba Evaluasi Pemilu 2019

radarlampung.co.id – KPU Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye Pada Pemilu 2019, Selasa (6/8). Kegiatan yang berlangsung di Wisma Asri-Tirta Makmur Kecamatan Tulangbawang Tengah ini dimaksudkan untuk menampung sekaligus mengakomodir masukan dan pendapat dari berbagai stakeholder terkait ttahapan dan pelaksanaan kampanye pada pemilu lalu.

Ketua KPU Tubaba Ismanto Ahmad mengatakan, selama tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2019 berlangsung, tentu masih ada berbagai catatan yang perlu dievaluasi bersama. Untuk itu, saran dan masukan dari berbagai pihak sangat diharapkan agar kedepan dapat terlaksana dengan lebih baik.

“Kepada tamu undangan atau peserta rapat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa saran dan masukan untuk kita evaluasi bersama. Selanjutnya, hasil evaluasi ini akan kita laporkan ke KPU Provinsi dan KPU-RI,” kata Ismanto dalam rapat evaluasi tersebut.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tubaba Midiyan menyampaikan beberapa hal menyangkut hasil pengawasan yang dilakukan pada pelaksanaan Pemilu. Yakni tentang Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di tempat terlarang, pelanggaran pada masa kampanye, dan terkait APK) yang ditertibkan.

“Masih ada juga peserta pemilu yang belum memahami beberapa ketentuan kampanye, salah satunya kurang pahamnya terhadap pentingnya Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) padahal surat ini merupakan bukti mereka telah mengurus Surat Pemberitahuan Kegiatan (SPK). Kami berharap beberapa hal tersebut menjadi catatan dan bahan evaluasi agar pelaksanaan pemilu kedepan menjadi lebih baik,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, selain Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Tubaba, kegiatan tersebut dihadiri pula jajaran Komisioner KPU, yakni Yudi Agusman, Cecep Ramdani, Darwin Eko Saputra, dan Gatot Santoso. Kemudian LO Kodim 0412/LU dan LO Polres Tuba, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tubaba, caleg terpilih dan beberapa perwakilan Parpol Pemilu 2019. (fei/ded/kyd)

Komentar

Rekomendasi