oleh

Rencana Datangkan Rektor Asing, Ini Tanggapan Rektor di Lampung

radarlampung.co.id – Rencana Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendatangkan Rektor asing di beberapa Perguruan Tinggi Negeri, menarik perhatian berbagai Rektor di Lampung.

Sebut saja Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) M. Yusuf S. Barusman. Dia mendukung jika ada rektor asing yang memimpin Perguruan Tinggi. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk bisa maju melalui keterbukaan terhadap sesuatu yang baru.

“Tidak masalah, namanya kita kalau mau maju harus terbuka. Buka peradaban kita dengan dunia luar, jangan apa-apa anti asing, anti aseng, tidak cocok, itu namanya kita mengisolir diri. Di dalam pergaulan internasional itu biasa, kalau mau maju, kita harus setara dong dengan mereka,” kata Yusuf, Selasa (6/8).

Ia menilai, hal tersebut juga untuk memacu Pergutuan Tinggi dalam negeri untuk lebih meningkatkan kualitas dan mutu pendidikannya.

“Sama dengan BUMN atau perusahaan asing, kalau ada kemampuan lebih yang mereka miliki, silahkan saja. Makanya itu juga memacu kita yang di dalam negeri untuk berpacu meningkatkan kualitasnya. Saya pikir itu bagus, kalau tidak, kita akan masuk dalam zona nyaman terus. Harus dimotivasi dengan cara seperti itu,” ujarnya

Terpisah, Rektor Universitas Lampung (Unila) Hasriadi Mat Akin mengatakan, harus dicari akar permasalahan dari perguruan tinggi dalam negeri untuk bisa maju.

“Sebenarnya akar permasalahan dari perguruan tinggi mau maju itu sebenarnya apa. Jangan-jangan bukan di rektornya. Atau permasalahannya mungkin bukan di manajemen, tetapi pendanaan. Sistem pendanaan diperbaiki. Kalau untuk menyetujui itu urusan pemerintah. Saya rasa jika dananya cukup, gak usah asing, sepertinya kita juga bisa,” ucapnya. (rur/kyd)

Komentar

Rekomendasi