oleh

TRC Mesuji Stanby 24 Jam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji mengoptimalkan dan menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) selama 24 jam.

“Ya, Kami telah mengatur semuanya dan telah membentuk TRC yang terus siaga 24 jam dalam sehari semalam, selama seminggu. Ini yang kami maksimalkan agar langkah antisipasi berjalan maksimal apalagi sekarang kan musim kemarau jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran TRC siap membantu,” ujar Kepala BPBD Mesuji Sahril, Senin (5/8).

Dia mengatakan musibah berupa bencana alam adalah rahasia dari Sang Maha Kuasa, tetapi beberapa langkah antisipasi jika musibah terjadi telah disiapkannya. Menurutnya BPBD Mesuji terus berupaya agar setiap bencana dapat tertangani dengan baik, dengan melakukan sosialisasi sosialisasi pencegahan ke masyarakat termasuk bencana kebakaran di musim kemarau seperti saat ini.

“Kita berharapnya tidak ada musibah. Tetapi kalaupun musibahnya datang, kita bisa siaga dan siap untuk segala kondisi. Mengadakan sosialisasi juga bagian dari proses pencegahan, apalagi di musim kemarau seperti ini kebakaran biasanya sering terjadi,” jelasnya.

BPBD sendiri saat ini terus mengerahkan TRC untuk memantau setiap bencana yabg terjadi di Mesuji. TRC ini diklaim kerja maksimal selama 24 jam menerima laporan masyarakat sebab TRC merupakan tim khusus dan terdidik dalam hal penanganan bencana alam, dan mereka siap selama 24 jam dengan jumlah 16 orang.

“Sehingga jika terjadi bercana alam mereka akan bergerak cepat ke lokasi bencana. Jadi jika mendapat laporan dari warga Camat atau kepala desa, tim tersebut akan langsung datang ke lokasi dan melakukan penanganan bencana,” kata dia menjelaskan. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi