oleh

Atasi Kelangkaan, Pemkab Tanggamus Usulkan OP Elpiji 3 Kilogram

radarlampung.co.id – Pemkab Tanggamus akan mengajukan permohonan operasi pasar (OP) gas elpiji tiga kilogram ke PT Pertamina. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi  kelangkaan elpiji di Kecamatan Kotaagung dan sekitarnya, beberapa hari terakhir.

Asisten Bidang Ekobang Setkab Tanggamus FB Karjiyono mengatakan, kelangkaan gas elpiji tiga kilogram di Kotaagung disebabkan tersendatnya pengiriman.

”Kita harus tahu dulu dari hulunya. Ini agen dan pangkalan saja kosong, karena terlambatnya pengiriman gas,” kata Karjiyono.

PT Pertamina selaku distributor dan regulator, lanjut Karjiyono, sudah diberitahu persoalan yang sedang terjadi di Kotaagung. “Sudah kita sampaikan dan Pertamina menyatakan bakal melakukan kroscek ke lapangan,” tegasnya.

Pemkab juga bakal mengirimkan surat ke Pertamina agar dilakukan operasi pasar gas tiga kilogram. “Surat sudah dibuat, tinggal ditandatangani pimpinan. Berdasar pengalaman yang sudah-sudah, setiap kami meminta operasi pasar, pasti langsung direalisasikan,” ucapnya.

Ditambahkan Kepala Diskoperindagkop  Tanggamus Zulfadli, kelangkaan gas di Kotaagung karena stok tidak sebanding. “Permintaan tinggi menjelang Idul Adha. Sementara stoknya sedikit,” kata dia.

Berdasar penilaian Zulfadli, sudah menjadi tradisi di Kotaagung, setiap menjelang hari raya, gas selalu langka. ”Ini seperti menjadi budaya di masyarakat. Setiap mau Lebaran, beli gas dalam jumlah banyak,” ucapnya.

Langkah yang perlu dilakukan sekarang, lanjut Zulfadli, aksi nyata dengan operasi gas besar-besaran. “Jadi tidak perlu lagi kita turun untuk cek. Sebab Satgas Pangan polres saja sudah menyatakan gas langka. Harus action segera dengan operasi pasar. Kalau gas banjir, maka harga bisa ditekan,” tegas Zulfadli. (ehl/ral/ais)

Komentar

Rekomendasi