oleh

Dinas Perikanan dan Peternakan Lamtim Cek Kesehatan Hewan Kurban

radarlampung.co.id – Dinas Perikanan dan Peternakan Lampung Timur meningkatkan pengawasan terhadap hewan kurban. Salahnya satunya dengan menurunkan tim monitoring yang melakukan pemeriksaan pada 24 kecamatan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Lampung Timur KMS Tohir Hanafi menjelaskan, pengawasan dilakukan agar hewan yang akan dijadikan kurban benar-benar memenuhi syarat dan sehat.

“Pemeriksaan hewan kurban antara lain kesehatan fisik. Secara kasat mata dilihat dari posisi berdiri harus bertumpu pada empat kaki. Kemudian kesehatan mulut, gigi dan kuku,” kata Tohir Hanafi saat monitoring hewan kurban di Desa Tamanfajar, Kecamatan Purbolinggo, Rabu (7/8).

Tohir yang didampingi Kabid Kesehatan Hewan Yusvie Nora menuturkan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga akan dilaksanakan di seluruh lokasi pemotongan.

Langkah ini untuk mengantisipasi adanya cacing hati pada hewan kurban. “Kami juga mengimbau agar pemilik hewan kurban memberikan obat cacing paling lambat 45 hari sebelum dipotong,” tukasnya. (wid/ais)

Komentar

Rekomendasi