oleh

Kemenpan RB Evaluasi SAKIP Pemkab Lambar

radarlampung.co.id – Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengevaluasi birokrasi dan SAKIP Pemkab Lambar, Rabu (7/8). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Novotel tersebut dihadiri Wakil Bupati Lambar Mad Hasnurin, asisten dan seluruh kepala OPD.

Mad Hasnurin menyampaikan, kinerja Pemkab Lambar dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan. Hal ini menjadi bukti komitmen kabupaten itu terkait upaya peningkatan kinerja instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

”Hasil evaluasi SAKIP ini menjadi barometer bagi kami untuk terus memperbaiki kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Mad Hasnurin.

Dilanjutkan, dalam evaluasi SAKIP, Pemkab Lambar mengembangkan sistem informasi manajemen kinerja yang terintegrasi untuk mendukung kinerja pelaporan dan evaluasi berbasis teknologi informasi. ”Kemudian meningkatkan kualitas, kompetensi dan profesionalisme bagi aparatur, studi komparasi di daerah yang nilai sakipnya lebih baik,” ujarnya.

Mad Hasnurin menuturkan, upaya membangun sistem akuntabilitas kinerja harus didasari dengan komitmen yang kuat dari seluruh perangkat daerah. Mulai dari pucuk pimpinan sampai dengan staf pelaksana.

Sebab pada dasarnya, sistem akuntabilitas kinerja adalah membangun sebuah keselarasan antara perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pelaporan kinerja dan evaluasi. “Sekaligus sebagai media pertanggungjawaban yang efektif bagi pejabat publik kepada masyarakat selaku pemberi amanat,” tegasnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi