oleh

Serahkan ABPI dan API untuk 32 KUB di Pesawaran

radarlampung.co.id – Upaya mensejahterakan nelayan di wilayah pesisir Pesawaran dilakukan Dinas Perikanan setempat dengan memberikan bantuan berupa alat bantu penangkapan ikan (ABPI) dan alat penangkapan ikan (API). Bantuan diperuntukkan  32 kelompok usaha bersama (KUB).

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Eky Yuli Widianto R. mengatakan, pihaknya memfokuskan dua hal pada 2019. Yakni peningkatan produksi ikan dan produktifitas nelayan.

”Hasil tangkapan akan meningkat apabila ditopang oleh produktifitas nelayan yang tinggi. Contohnya, nelayan akan lebih tenang dalam melakukan aktifitas melaut apabila didukung dengan kepastian keamanan dan perlindungan diri nelayan,” kata Eky mewakili Kepala Dinas Perikanan Pesawaran, Heriansyah, Rabu (7/8).

Menurut dia, dari 2.146 nelayan di Pesawaran, sebagian besar adalah nelayan sampingan. Yaitu masyarakat yang mata pencahariannya tidak hanya mencari ikan. Ada juga yang memiliki profesi tambahan sebagai petani, pedagang, pengolah ikan, dan pemandu wisata.

Untuk itu, pihaknya berupaya mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat perikanan, khususnya nelayan. Di antaranya dalam sektor pariwisata. Di mana, wisata bahari merupakan wisata unggulan di kabupaten berjuluk AndanJejama tersebut. (rls/ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi