oleh

Lampung Diprediksi Bakal Cukup Panas, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memastikan puncak musim kemarau terjadi pada Agustus dan September mendatang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan puncak musim kemarau yang terjadi tahun ini akan mencapai 33°Celcius.

“Puncaknya akan terjadi pada Agustus dan Septerber ini, tepatnya suhu akan mencapai 17 hingga 33 derajat celcius,” katanya, Kamis(8/8).

Menurutnya, berdasarkan peta hujan yang dimiliki BMKG intensitas hujan terjadi di beberapa wilayah rendah. Di antaranya Lampung Timur, Tubaba, Pesawaran, Lampung Tengah, dan Metro.

“Untuk pemetaan kekeringan BMKG tidak memiliki. Hanya saja, kami memiliki peta peluang hujan di mana itu disebutkan intensitas tinggi dan rendahnya. Curah hujan sangat rendah ada di wilayah Metro, Lampung Tengah, disusul Metro,” ungkapnya.

Atas musim kemarau tersebut, pihaknya menghimbau agar masyarakat meningkatkan kepaswadaanya terhadap dampak yang akan ditimbulkan.

“Di musim kemarau ini seperti, karena pasokan air tanah diprediksi berkurang, petani disarankan menanam tanaman yang berkebutuhan air sedikit. Bagi masyarakat kurangi aktifitas di luar ruangan banyak minum air mineral untuk menghindari dehidrasi,” ujarnya.

Dia pun mengimbau agar mewaspadai kebakaran hutan maupun lahan. “Agar musibah kebakaran tidak terjadi, perlu meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk menjaga wilayahnya dari bahaya kebakaran serta bencana kebakaran dan penanggulangannya pada kesempatan pertama,” tandasnya. (mel/sur)

Komentar

Rekomendasi