oleh

Mahasiswa Tuntut Proses Penegerian Kampus UMPTB Dilanjutkan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Puluhan massa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa dan masyarakat peduli Universitas Megou Pak Tulangbawang (UMPTB) menggelar aksi damai di halaman Kantor Bupati Tulangbawang, Menggala, Rabu (7/8).

Massa yang didominasi oleh alumni dan mahasiswa UMPTB tersebut menuntut proses penegerian kampus mereka yang tertunda sejak tahun 2012 lalu segera dilanjutkan.

Selain itu, puluhan massa tersebut juga menuntut agar Pemerintah menghidupkan program studi (prodi) seluruh fakultas, meningkatkan akreditasi kampus, memperbaiki sarana prasarana kampus, dan meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) dosen serta memberikan beasiswa kepada dosen yang saat ini aktif di UMPTB.

Membantu Penegerian UMPTB sendiri memang masuk di dalam 25 program unggulan pro rakyat Winarti dan Hendriwansyah saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang lalu.

Ketua Solidaritas Pemuda Demokratik Provinsi Lampung Badri, yang juga koordinasi aksi mengatakan, proses penegerian UMPTB harus segera direalisasikan oleh Pemerintah Daerah.

“Janji ini merupakan komitmen yang harus ditepati kepada masyarakat Tulangbawang. Ini saatnya mereka untuk merealisasikannya,” kata Badri saat orasi.

Dilanjutkannya, menghidupkan program studi (Prodi) di seluruh fakultas UMPTB merupakan sebuah keharusan demi berjalannya proses pendidikan tinggi di Tulangbawang.

“Karena ini dapat menjadi sarana bagi putra putri masyarakat Tulangbawang setelah lulus di jenjang sekolah menengah atas,” jelasnya.

Selain itu, meningkatkan akreditasi kampus UMPTB juga menjadi satu kesatuan dengan program Pemerintah Daerah yang tidak bisa dipisahkan.

“Ini semua untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Tulangbawang. Ini juga tugas dan wewenang Pemerintah dan DPRD Tulangbawang,” ungkapnya.

Perwakilan massa diterima oleh Asisten III bidang administrasi umum Dr. Untung Widodo di ruang rapat Sekretaris Daerah untuk melakukan audiensi.

Setelah audiensi, Untung menerangkan jika Pemerintah Daerah sejak awal memang berkomitmen untuk membantu proses penegerian UMPTB dengan telah menganggarkannya di dalam APBD tahun 2019.

“Sudah kita anggarkan dan memang sudah kita rintis. Di sini ada empat unsur yang harus berjalan beriringan dan melakukan sinergitas yakni Pemerintah, Yayasan, Rektorat dan Mahasiswa,” kata untung.

Dilanjutkannya, penegerian UMPTB juga masuk di dalam 25 program unggulan pro rakyat. Artinya, lanjut Untung, Pemerintah Daerah telah memiliki komitmen yang jelas terhadap UMPTB.

Untung juga menjelaskan jika Pemerintah Daerah telah membuat tim untuk membantu proses penegerian UMPTB.

“Sebenarnya tidak ada kendala, hanya soal komunikasi saja. Kita sedang proses (Penegerian) itu,” tandasnya. (nal/sur) 

Komentar

Rekomendasi