oleh

Sementara, Hewan Kurban di Pesawaran Aman

radarlampung.co.id – Hewan kurban yang dijual pada sejumlah lapak dinyatakan aman. Ini berdasar hasil pantauan tim Satuan Tugas (Satgas) Hewan Kurban di Gedongtataan, Kamis (8/8).

“Untuk pengecekan hewan kurban di sejumlah lapak Gedongtataan, Alhamdulillah sehat dan layak,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Keswan Dedy Noviansyah saat memantau hewan kurban di lapak Desa Kutoarjo.

Menurut Dedy, Tim satgas akan terus memantau hewan kurban hingga H+3 Idul Adha. Ada 27 orang yang terdiri dari empat dokter hewan, tiga paramedik dan inseminator.

Selain empat titik di Gedongtaaan, tim juga memantau hewan kurban di Kecamatan Negerikaton, Tegineneng, dan Wayratai.

“Insya Allah, hari ini tim satgas kelar memeriksa hewan kurban dan segera direkap hasilnya. Setelah diperiksa dan dinyatakan sehat, hewan kurban langsung kita berikan label sehat,” tegasnya.

Anggota Satgas drh. Yuriza Susanti menambahkan, hingga saat ini belum ditemukan penyakit berbahaya seperti antraks dan PMK. Hanya saja beberapa hewan terserang demam karena faktor cuaca.

“Kalau cuaca seperti ini, memang kadang terserang demam. Tapi dengan pemberian vitamin dan minum yang cukup akan kembali sehat,” kata Yuriza.

Terpisah, pemilik lapak Maswi, warga Kutoarjo mengatakan, sebagian kambing berasal dari Gadingrejo dan Pringsewu. Harganya kisaran Rp2 juta dengan bobot sekitar 15 kilogram dan Rp5 juta, berat sekitar 60 kilogram. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi