oleh

Turunkan Puluhan Petugas Periksa Hewan Kurban di Tanggamus

radarlampung.co.id – Dinas Pangan dan Peternakan Tanggamus menurunkan 24 personel untuk memeriksa hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha. Ini dilakukan mengantisipasi hewan kurban terserang penyakit.

Kabid Kesehatan Hewan drh. Ari Priyanto mengatakan, pemeriksaan hewan kurban melibatkan seluruh unsur Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). “Ada 24 personel yang diturunkan. Mereka melakukan pemeriksaan secara mobile,” kata Ari mewakili Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Soni Isnaini, Jumat siang (9/8).

Ari menambahkan, dari unsur veteriner, pemeriksaan untuk mencegah penularan penyakit hewan ke manusia. Sebab untuk kambing, sapi, dan kerbau, beberapa penyakitnya bisa menular ke manusia atau bersifat zoonosis.

Baca :   Ngeri, Ada Ular Sanca di Gorong-gorong  

“Untuk itu, dalam pemeriksaan dilihat kondisi fisik hewan. Dari kondisi organ luar, mulai badan, kaki, mata, telinga, kulit dan bulu. Pemeriksaan ini disebut pemeriksaan antemortem,” jelasnya.

Pemeriksaan untuk menentukan hewan layak untuk kurban atau tidak. Sebab dalam agama Islam, disyaratkan hewan kurban harus jantan, usia minimal satu tahun, kondisinya sehat, dan tidak cacat.

Baca :   Ngeri, Ada Ular Sanca di Gorong-gorong  

“Saat disembelih, juga akan diperiksa organ seperti hati, lambung dan lainnya. Namanya pemeriksaan postmortem. Untuk antemortem, sampai siang ini masih berjalan. Hasilnya sore baru ketahuan,” tegasnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi