oleh

Puluhan PL Sakernas 2019 di Lamteng

radarlampung.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Tengah menurunkan 56 petugas lapangan (PL) untuk mendata ketenagakerjaan atau survei angkatan kerja nasional (Sakernas) 2019. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 8-20 Agustus mendatang.

Kepala BPS Lamteng M. Sholihin menyatakan, sebelum turun, puluhan petugas lapangan mendapatkan pelatihan selama tiga hari. Ini untuk memahami dan menyamakan persepsi konsep serta definisi.

“Kemudian standar operasional prosedur (SOP) yang harus diikuti selama tahapan pengumpulan data Sakernas 2019,” kata M. Sholihin.

Dilanjutkan, ada 800 responden yang terpilih secara acak pada 28 kecamatan. “Kita pakai metode statistik. Terpilih 800 responden secara acak,” sebut dia.

Sakernas, terus Sholihin, dapat memberikan gambaran mengenai kondisi data ketenagakerjaan di Lamteng.

“Data Sakernas ini merupakan data strategis untuk mengukur tingkat pengangguran dan menjadi indikator keberhasilan program RPJMN maupun RPJMD yang dimanfaatkan pemerintah daerah. Hasilnya sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan berbagai kebijakan di bidang ketenagakerjaan,” tegasnya.

Sakernas juga bisa melihat bagaimana peningkatan kesejahteraan penduduk dengan keterlibatan bekerja di sektor formal atau nonformal. “Banyak info strategis lainnya yang bisa didapat dari Sakernas,” ungkapnya. (rls/sya/ais)

Komentar

Rekomendasi