oleh

Simak, Ini Pesan Kepala Kanwil Kemenag Lampung di Hari Idul Adha

RADARLAMPUNG.CO.ID – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Lampung melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyelenggara salat Idul Adha 1440H/2019 di Lapangan Korem 043/gatam (Lapangan Saburai), Enggal, Bandarlampung, Minggu (11/8).

Di mana, Qori Lampung H. Hasbuna, S.Ag, M.Pd.I bertindak sebagai Imam dan Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Dr.Hi.Nadirsah Hawari, Lc.M.A. bertindak sebagai khatib.

Dalam khutbahnya, Nadirsah menyampaikan ada empat hikmah peringatan hari raya Idul Adha atau hari raya berkurban yang menjadi isyarat bagi kaum muslimin untuk mewujudkannya dalam kehidupan ini. “Pertama, tinggalkan yang haram, dan lakukan yang halal,” ucapnya.

Kedua, hikmah yang harus diraih adalah bergerak untuk kebaikan dan berkorban. Ketiga, jadikan masjid sebagai pusat perbaikan.

“Pelajaran keempat yang kita peroleh dari Nabi Ibrahim AS adalah keinginannya yang amat besar untuk  memiliki ilmu, menjadi pribadi yang shalih, dan menjadi bahan pembicaraan yang baik bagi generasi yang akan datang,” bilangnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung Suhaili mengharapkan agar semua masyarakat bersama-sama membangun bangsa.

Hal tersebut disampaikan Suhaili saat ditemui Radarlampung.co.id Minggu (11/8) usai salat Idul Adha di Lapangan Saburai. Menurutnya, pada perayaan Idul Adha ini diharapkan masyarakat bisa menjaga hubungan baik.

Serta, lanjut dia, semua pihak wajib memiliki kesadaran membangun dalam menjaga hubungan bernegara.

“Pastinya yang utama yakni bagi masyarakat harus mencontoh tauladan nabi Ibrahim AS dalam segala sifatnya,” ujar dia.

Secara teknis data hewan kurban dilaporkan kepada PHBI  tahun 2019. Wasril Purnawan, SE, M.Si, selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Lampung menyampaikan data total hewan kurban yang dilaporkan kepada PHBI Lampung ada 32 ekor sapi dan 8 kambing.

Di mana, 1 sapi berasal dari Presiden Joko Widodo, lalu  31 sapi dan 8 kambing dari berbagai sumber. Di antaranya  6 ekor sapi berasal dari pegawai Kanwil Kemenag Lampung, Bank Syariah Mandiri (BSM) 1 Sapi, juga Universitas Teknokrat 1 sapi.

Lalu, masjid Mutaqin 1 sapi 5 kambing, masjid Taqwa Pasar Bawah 8 sapi, Masjid Nurul Iman Kaliawi 11 sapi, dan Lembaga Pendidikan Kartika II 3 sapi plus 3 kambing. “Ada 1 ekor sapi diserahkan MAN IC Lamtim 1 dan 1 ekor  Ponpes Gontor, Kalianda,” pungkasnya. (gie/sur) 

Komentar

Rekomendasi