oleh

Delapan Hewan Kurban di Pringsewu Terserang Cacing Hati

radarlampung.co.id – Penyakit cacing hati pada hewan kurban di Pringsewu terus ditemukan. Delapan hewan terjangkit penyakit tersebut. Secara keseluruhan, ada 529 ekor sapi, sembilan kerbau dan 1.424 ekor kambing yang menjadi hewan kurban pada Idul Adha 1440 H di kabupaten itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Hortikultura Pringsewu Iskandar Muda melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono mengatakan, jumlah hewan kurban berdasar aplikasi Kantor Kementerian Agama dimungkinkan terus bertambah. Sebab belum semua data masuk.

”Untuk yang terkena cacing hati, agar tidak dikonsumsi. Sebab toksin hasil metabolisme cacing tidak rusak oleh pemasakan,” kata Budi. Pramono.

Tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Balai Veteriner serta Kantor Kemenag Pringsewu masih berkeliling melakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat pemotongan hewan qurban.

Tahun lalu, Dinas Pertanian Pringsewu menemukan 34 ekor sapi terkena cacing hati. Secara keseluruhan, ada 3.108 ekor hewan kurban yang dipotong. Terdiri dari 869 ekor sapi, 26 ekor kerbau, 2.213 kambing dan 237 domba. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi