oleh

Puluhan Ha Lahan di Mesuji Terbakar, Akses Jalan Hambat Proses Pemadaman

radarlampung.co.id – Puluhan hektare (Ha) lahan gambut di Dusun Umbulsempu, Desa Margojadi, Kecamatan Mesuji Timur dan Dusun Umbul Ben, Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji terbakar. Api nyaris mendekati kawasan produktif seperti lahan karet sawit dan singkong.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji Sahril mengatakan, proses pemadaman terkendala akses jalan menuju lokasi kebakaran yang luasnya mencapai 20 hektare. Pasalnya kawasan tersebut dekat dengan rawa rawa sehingga menyulitkan kendaraan roda empat untuk masuk.

”Satu-satunya upaya kita untuk memadamkan api adalah menggunakan Alkon (mesin penyedot air, Red) ke rawa-rawa yang ada sumber airnya. Itu yang kita gunakan saat ini,” kata Sahril kepada Radarlampung.co.id, Senin (12/8).

Tim gabungan dari BPBD, Polri, TNI dan masyarakat juga terus berupaya memadamkan. ”Kebakaran lahan gambut ini sulit dipadamkan. Sebab api membakar hingga dalam tanah. Pemadaman harus dilakukan berulang-ulang,” tegasnya.

Dilanjutkan, BPBD Mesuji bersama pihak terkait sudah mengambil langkah dan membentuk tim untuk melakukan pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

”Kami sudah mengundang seluruh unsur terkait, mulai dari BPBD, pemadam kebakaran, TNI, Polri dan pihak desa serta tokoh masyarakat untuk rapat koordinasi siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan. Sekaligus membentuk tim untuk mengatasi kebakaran dengan aksi yang sudah kita mulai hari ini,” urainya. (muk/ais)

Komentar

Rekomendasi