Berita Utama Hayoo, Tiga Daerah Belum Usul Persetujuan Pelantikan DPRD Lho…

Hayoo, Tiga Daerah Belum Usul Persetujuan Pelantikan DPRD Lho…

Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan OTDA Lampung Hargo Prasetyo Widi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelantikan DPRD kabupaten/kota terpilih dijadwalkan pertengahan Agustus 2019 ini. Meski hanya tinggal hitungan hari, ternyata belum semua mengusulkan persetujuan SK ke Gubernur Lampung.

Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan OTDA Lampung Hargo Prasetyo Widi mengatakan, dari keseluruhan kabupaten/kota, baru 12 KPU saja yang mengusulkan SK Penetapan Caleg Terpilih berdasarkan hasil pleno di masing-masing daerah.

“Tiga daerah yakni Bandarlampung, Metro, dan Tanggamus masih belum, karena sebelumnya menunggu putusan Akhir Mahkamah Konstitusi (MK),” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Selasa (13/8).

Baca :   Calon Anggota DPRD Bandarlampung Segera Dilantik

Hargo menghimbau kepada KPU di daerah yang belum, agar segera mengusulkan SK tersebut melalui Biro Pemerintahan dan OTDA. “Dari kami memang tidak ada batas waktu. Tapi lebih cepat lebih baik, ” katanya.

Ditanya apakah Gubernur Arinal Djunaidi sudah diagendakan dalam pelantikan DPRD tersebut? Hargo bilang nanti yang melakukan pelantikan adalah Ketua Pengadilan Negeri (PN) di masing-masing kabupaten/kota.

Baca :   Sebanyak 294 Personel dan Bantuan Personel Polda Siaga

Merujuk pada surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 162/3450/OTDA tentang tata cara pengucapan sumpah janji DPRD kabupaten/kota masa jabatan 2019-2024, di poin 2 a tertuang, anggota DORD terpilih sebelum memangku jabatannya, mengucapkan sumpah janji secara bersama-sama di pandu ketua PN setempat.

“Apabila ada anggota DPRD terpilih yang berhalangan hadir saat itu, pengambilan sumpah janji akan dipandu Ketua DPRD sementara melalui paripurna,” kata dia. (abd/sur)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini