oleh

Rutgers Gandeng Radar Lampung Edukasi Masyarakat Pentingnya Kesehatan Reproduksi

radarlampung.co.id – Rutgers WPF Indonesia menggandeng Radar Lampung untuk training jurnalis dalam mengedukasi masyarakat terkait berbagai isu hak dan kesehatan seksualitas dan reproduksi.

“Supaya tidak ada salah cara penyampaian atau salah cara penggunaan terminologi. Dan mungkin ketika memberitakan tidak bermaksud untuk memberikan sentimen yang negatif, tetapi mungkin kurang tepat untuk pemilihan katanya, dan mungkin malah merugikan,” kata Communications Officer Rutgers WPF Indonesia Trisa Triandesa saat  mengunjungi Graha Pena Radar Lampung, Selasa (13/8).

Selain itu, setelah training atau konferensi tersebut, akan dilanjutkan dengan konferensi tentang Family Planning dan Reproductive Health pada September mendatang. Di mana, konferensi tersebut berskala internasional yang akan dihadiri berbagai mitra seperti Belanda, dan negara sekitar Asia.

“Tujuannya untuk menjadikan ruang terbuka untuk pemerintah, NGO, anak muda maupun guru-guru berdiskusi untuk membicarakan apa yang terbaik untuk kaum muda, tidak hanya untuk satu sisi saja. Kita bisa mendorong pemerintah lebih kuat lagi bahwa isu pendidikan seksualitas dan reproduksi itu bukan tidak penting, meskipun pemerintah sudah memberikan perhatian, tapi bukan prioritas. Dan kami ingin ini menjadi prioritas,” ungkapnya.

Sementara, Pimpinan redaksi Radarlampung.co.id Widisandika Budiman menyampaikan terima kasih atas kunjungan Rutgers bersama PKBI Lampung.

Menurutnya, berbagai isu kesehatan seksualitas dan reproduksi, bagi media terutama Radar Lampung mempunyai batasan-batasan bagaimana menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

“Terima kasih atas kunjungannya. Di Radar Lampung sendiri, kita mempunyai pakem sendiri terkait memberitakan terkait isu tersebut. Nama selalu tidak boleh disebutkan, kecamatan atau duduk persoalannya secara detail. Karena goal kami, meminimalisasi bagaimana kejahatan-kejahatan itu tidak terjadi lagi,” terangnya.

Rutgers merupakan lembaga non pemerintah yang memulai kerjanya di Indonesia pada tahun 1997 dengan nama World Population Foundation (WPF). Fokus dari Rutgers adalah untuk mengatasi tantangan hak kesehatan seksualitas dan reproduksi di Indonesia melalui berbagai aktivitas. (rur/kyd)



Komentar

Rekomendasi