oleh

Zona Merah Bencana, Tagana Tanggamus Minim Sarana Evakuasi

radarlampung.co.id – Minimnya peralatan yang dimiliki Taruna Siaga Bencana (Tagana) Tanggamus menjadi perhatian DPRD setempat. Terlebih, kabupaten ini masuk zona merah bencana, sehingga membutuhkan sarana pendukung yang mumpuni.

Komisi I DPRD Tanggamus Sumiati mengatakan, jika hanya mengandalkan dari APBD Tanggamus untuk pengadaan peralatan evakuasi, ini tidak memungkinkan. Selain karena keterbatasan anggaran, alat yang dibutuhkan juga banyak. “Kalaupun bisa, pengadaannya bertahap. Anggaran kita terbatas,” kata Sumiati.

Menurut dia, langkah yang diambil yakni jemput bola ke Pemprov Lampung dan itu harus dilakukan oleh dinas terkait. Dewan akan mendukung dengan turut melobi ke provinsi. ”Usulkan (pengadaan peralatan). Tugas kita menggiring hingga ke provinsi. Intinya sama-sama mengusahakan,” tegasnya.

Tidak hanya itu. Sumiati mengatakan, berdasar hasil reses baru-baru ini, masyarakat juga mengusulkan perahu fiber lengkap dengan mesin dan jaring. Sebab selama ini fasilitas untuk menangkap ikan masih terbatas.

Sumiati berharap masyarakat yang sudah menyampaikan  keinginannya melalui reses untuk bersabar. Sebab mewujudkan keinginan itu tidak semudah membalikan telapak tangan. ”Harus melalui kajian yang dalam. Kita seleksi terlebih dahulu mana yang lebih penting. Kemudian kita sampaikan ke dinas terkait,” tegasnya. (ehl/zep/ais)

Komentar

Rekomendasi