Ekonomi Bisnis Program BP2PT Beri Bantuan DP Rumah hingga Rp40 juta

Program BP2PT Beri Bantuan DP Rumah hingga Rp40 juta

134
DPD REI Lampung sosialisaskan Program Bantuan Pembiayaan Perumahaan Berbasis Tabungan (BP2BT) di ruang Cendana Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Kamis (15/8). Foto Elga Puranti/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Lampung menggelar kegiatan sosialisasi Program Bantuan Pembiayaan Perumahaan Berbasis Tabungan (BP2BT) di ruang Cendana Hotel Bukit Randu Bandarlampung, Kamis (15/8).

Ketua DPD REI Lampung Djoko Santoso menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program baru dari pemerintah sejak 2018 lalu, namun baru terlaksana di tahun ini. BP2BT sendiri merupakan program yang dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam program ini, sambungnya, masyarakat yang ingin memiliku rumah akan dibantu dalam pembiayaan uang mukanya (DP) oleh pemerintah, dengan ketentuan mulai dari Rp38 juta sampai dengan Rp48 juta, tergantung dari income (penghasilan) masyarakat itu sendiri.

“Jadi semakin besar penghasilan masyarakat, maka bantuan yang akan diterima juga semakin sedikit,” katanya kepada Radarlampung.co.id.

Ia menambahan, program ini hanya dapat dinikmati masyarakat yang belum memiliki rumahatau untuk pembelian rumah pertama. Serta tidak diberikan untuk keperluan renovasi rumah. Tujuan utamanya, yakni untuk mengurangi backlog (kesenjangan antara rumah yang terbangan dengan kebutuhan rumah masyarakat).

“Jadi di program ini, masyarakat dibantu di awal untuk uang muka tetapi bunganya berlaku bunga komersil seperti ketentuan yang berlaku dari perbankannya,” tandasnya. (ega/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini