oleh

Tim Gabungan Masih Sibuk Padamkan Api di Lahan Gambut

radarlampung.co.id – Polres Mesuji masih menyelidiki penyebab kebakaran lahan gambut di Dusun Umbulben, Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji dan Dusun Umbulsempu, Desa Margojadi, Kecamatan Mesuji Timur, Minggu (11/8) lalu.

Kasatreskrim Polres Mesuji AKP Dennis mengatakan, penyelidikan dilakukan untuk mengetahui apakah lahan seluas 20 hektare itu sengaja dibakar atau ada sebab lain. “Masih terus kita selidiki dan dalami (penyebab kebakaran). Saat ini kita bersama unsur terkait masih fokus memadamkan api,” kata Dennis, Jumat (16/8).

Di sisi lain Dennis mengimbau masyarakat agar lebih memperhatikan kondisi lahannya. Kemudian tidak membuka lahan dengan cara pembakaran.

Terpisah, Kepala BPBD Mesuji Sahril mengatakan, tim gabungan masih berada di lokasi kebakaran, untuk memastikan api benar-benar padam. Ada 125 personel yang diturunkan untuk melakukan pemadaman.

“Lahan gambut yang terbakar  ini sulit dipadamkan. Tim sudah menyiram air dan api di bagian atas sempat padam. Namun pada bagian bawah, masih ada api,” kata Sahril.

Angin kencang juga menyebabkan api cepat merambat. “Tapi sudah bisa kita kendalikan. Saat ini kita masih berupaya memadamkan api di bagian dalam,” urainya. (muk/ais)



Komentar

Rekomendasi