oleh

WNI Rayakan HUT RI di Konjen Shanghai

Laporan GM Radar Lampung

H. Purna Wirawan, SHANGHAI

 

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 digelar warga negara Indonesia (WNI) di seluruh dunia. Tak terkecuali WNI yang ada di Kota Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok.

Di kota ini, perayaan HUT RI digelar Konsulat Jenderal (Konjen) RI Shanghai di Ballroom A, lantai 10 Renaissance Shanghai Zhongsan Park Hotel 1018 Changning Road Sabtu (17/8). Perayaan diawali dengan upacara  bendera mulai pukul 09.30 waktu Tiongkok. Atau pukul 08.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

General Manager Radar Lampung Purna Wirawan dari Kota Shanghai melaporkan, peserta upacara tidak hanya pegawai Konjen dan WNI yang tinggal di Shanghai. Tapi juga WNI yang secara kebetulan tengah mengunjungi negeri tirai bambu tersebut. Termasuk di antaranya rombongan pemimpin redaksi dan pimpinan media cetak, elektronik Provinsi Lampung.

Pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI kali ini cukup meriah. Tidak kurang dari 500 orang WNI yang tinggal di 4 provinsi dibawah naungan KJRI Shanghai hadir. Yakni, WNI yang tinggal di Provinsi Anhui, Jiangsu, Zhejiang dan Shanghai.

“Kita Memang sebarkan undangan kepada seluruh WNI yang ada di 4 propinsi termasuk Shanghai. Ini agar kita sama2 merayakan HUT RI pada hari ini, sekaligus berkenalan dengan staf KJRI dan bersilaturahmi,” ujar Konsul Jenderal RI di Shanghai, Deni Wachyudi Kurnia yang mengaku baru bertugas 3 minggu lalu.

WNI yang hadir selain pegawai perwakilan perusahaan, BUMN yang ditempatkan di Shanghai, juga para mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan di beberapa universitas di 4 provinsi tersebut. Para mahasiswa/i ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Seperti dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sumatera Utara dan Selatan bahkan dari Lampung.

“Jadi setiap memperingati HUT RI seluruh WNI yang ada disini di undang untuk melaksanakan upacara bendera,” ujar Intan Salsa Bila asal Banyuwangi, mahasiswi semester 3 jurusan Manajemen Hotel Changzhou Institute of industry Technology.

Usai upacara rombongan pemred dan pimpinan media berkesempatan beramah tamah dengan Konsul Jenderal RI di Shanghai, Deni Wachyudi Kurnia. Dalam kesempatan tersebut Deni membeberkan berbagai macam hal terkait hubungan kerjasama Indonesia-Tiongkok. Juga perkembangan Tiongkok yang kini menjadi negara maju dengan Kota Shanghai yang menobatkan diri sebagai Kota Dunia. (*)



Komentar

Rekomendasi