oleh

Kembangkan Bisnis Kopi Lampung, Damarian Bakal Gandeng Dewan Kopi

RADARLAMPUNG.CO.ID ㅡ Masih dalam rangkai perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Damarian Pusat Oleh-oleh Lampung menggelar lomba mewarnai untuk anak-anak dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), Minggu (18/8).

Owner Damarian Pusat Oleh-oleh Lampung Heri Andrian mengatakan, perlombaan tersebut diikuti 70 peserta dari dua kategori. Masing-masing peserta juga mendapatkan bingkisan menarik dari susu HiLo dan Aice Ice Lampung.

Selain itu, peserta lomba juga mendapatkan doorprize menarik dari Damarian Pusat Oleh-oleh Lampung, serta sertifikat. Sementara, untuk juara satu, dua, dan tiga mendapatkan hadiah uang tunai dan tunai dan trofi.

“Kita memang sengaja pilih kegiatan lomba mewarnai untuk mengasah kreatifitas anak-anak, memberikan mereka kesempatan untuk mengembangkan imajinasi,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Minggu (18/8).

Selain itu, Damarian bekerjasama dengan Telkomsel juga menggelar perlombaan e-sport berupa PUBG dan Free Fire di pelataran parkir Damarian Pusat Oleh-oleh Lampung. Kegiatan tersebut diikuti 172 peserta yang terdiri dari anak muda.

Dalam perlombaan tersebut, pihaknya juga memberikan hadiah berupa uang tunai senilai Rp500 ribu untuk juara I, Rp300 ribu untuk juara II, dan Rp200 ribu untuk juara III.

Nantinya peserta yang berhasil memenangkan perlombaan tersebut juga akan berkesempatan memperebutkan hadiah total Rp300 juta dalam turnamen online yang lebih besar, yakni Dunia Game yang diselenggarakan Telkomsel.

Di samping itu, Heri mengatakan, kedepannya Damarian juga akan terus berupaya untuk memenuhi target untuk mengumpulkan 100 usaha mikro kecil menengah (UMKM). Salah satunya dengan menggandeng Dewan Kopi untuk membangun sentra bisnis kopi di Damarian.

“Karena kalau dilihat, kopi Lampung itu bisa dijual dengan harga tinggi. Hanya saja masih banyak petani yang bingung bagaimana caranya. Nah, makanya kita ingin menggandeng Dewan Kopi, supaya bisa mengembangkan bisnis kopi di Lampung,” katanya.

Dia juga berharap kedepannya Damarian bisa mengambil posisi yang berbeda sebagai sahabat para UMKM. “Karena kalau biasanya pusat oleh-oleh hanya menampilkan satu jenis kopi. Nah, di Damarian ini kita inginnya bisa menjadi etalase kopi Lampung dimana banyak kopi dari berbagai brand dan jenis bisa ditemukan di sini,” katanya.

Selain itu, untuk memenuhi target 100 UMKM, Damarian juga akan giat menggelar kegiatan Bisnis Talk dengan melibatkan sejumlah anak muda. “Karena kita ingin menumbuhkan semangat berwirausaha diantara anak muda. Kita juga akan mengumpulkan anak-anak muda yang punya bisnis UMKM, harapannya mereka bisa saling ajak teman-temannya bergabung,” katanya.

Di samping itu, Damarian bersama Indonesia Marketing Association (IMA) Lampung akan turun langsung menjaring UMKM di daerah-daerah seperti Pesawaran dan Metro.

“Karena di sana sebenarnya banyak UMKM yang mau bergabung dengan kita, tapi belum punya izin industri rumah tangga (I-IRT) dan logo halal karena tidak tau cara mengurus dan mendapatkannya. Nah makanya Damarian dan IMA ingin turun langsung dan bantu mereka mengurus perizinannya,” tambahnya.

Sementara itu, Head Store Damarian Pusat Oleh-oleh Lampung Sulis Styorini mengatakan, bagi pengusaha UMKM yang ingin bergabung dan memasarkan produknya di Damarian, dapat langsung datang dengan membawa contoh produk.

“Nanti kita survei juga produknya, kalau misalnya di sini sudah ada kita bisa lihat produk lain yang mereka miliki untuk dipasarkan di Damarian,” tambahnya.

Lebih jauh dia mengatakan, selain menyediakan berbagai oleh-oleh khas Lampung, Damarian juga menyediakan paket bingkisan untuk perusahaan yang dibanderol mulai dari Rp150 ribu sampai Rp500 ribu.

“Jadi kalau ada perusahaan yang ingin memberikan bingkisan kepada tamu atau rekanan bisa pesan bingkisan dari Damarian. Bingkisannya juga bisa diantarkan langsung, untuk di dalam kota dengan menggunakan Go-send dan luar kota bisa menggunakan JNE,” pungkasnya. (ega/sur) 



Komentar

Rekomendasi