oleh

Entaskan Kemiskinan di Lambar Melalui Dua Sisi Terpadu

radarlampung.co.id – Pemkab Lampung Barat menggelar rapat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan (TKPK), Selasa (20/8). Kegiatan tersebut bertujuan membahas pelaksanaan berbagai program pembangunan, khususnya masalah penanggulangan kemiskinan di kabupaten itu.

Wakil Bupati Mad Hasnurin mengatakan, rapat koordinasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan fokus program-program yang ditujukan kepada masyarakat miskin agar lebih efektif dan efisien.

“Dengan demikian, kelompok masyarakat yang seluruhnya tidak terjangkau dan mampu mengakses kegiatan produktif yang bersifat formal, serta kelompok masyarakat yang masih berada di bawah kemiskinan dapat lebih terperhatikan dan terbantu,” kata Mad Hasnurin dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Dilanjutkan, agar upaya pengentasan kemiskinan berjalan sinergis dan berkelanjutan, harus dilakukan melalui dua sisi secara terpadu. Yaitu sisi penghidupan masyarakat miskin maupun sisi produksi.

Dari sisi penghidupan, terutama bagi masyarakat yang miskin kronis atau sulit keluar dari kemiskinan, diperlukan upaya langsung membantu mereka untuk hidup layak.

“Baik dari sisi pendapatan maupun akses terhadap berbagai pelayanan dasar. Intervensi untuk pengembangan kualitas SDM keluarga miskin juga sangat diperlukan agar dapat memutus rantai kemiskinan yang biasanya diturunkan antargenerasi pada keluarga miskin tersebut,” tegasnya.

Kemudian dari sisi produksi, diupayakan agar kelompok berpendapatan rendah dapat berpartisipasi dalam kegiatan produktif. Untuk itu, berbagai program peningkatan keterampilan dan penyediaan seperti modal, infrastruktur dasar, dan fasilitas guna mendukung perkembangan usaha mereka yang masih berskala mikro.

“Dengan demikian, lambat laun mereka akan dapat meningkatkan skala usahanya dan bermitra dengan pelaku usaha lainnya, sehingga mampu keluar dari garis kemiskinan,” ujarnya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi