Provinsi Sepakat, Dua Kubu KNPI di Lampung Akhirnya Menyatu

Sepakat, Dua Kubu KNPI di Lampung Akhirnya Menyatu

344
(kanan ke kiri) Ketua DPD Lampung Periode 2017-2020 Sudiyanto Ketua DPD Lampung Periode 2014-2017 Teguh Wibowo, dan Ketua DPD Lampung Periode 2016-2019 Dian Assafri Nasa'i saat rekonsiliasi di di Hotel Whiz Prime, Senin (20/8) malam. Foto Aprohan Saputra/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dua kubu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ada di Lampung telah melakukan rekonsiliasi dan bersepakat akan melaksanakan musyawarah daerah (musda) bersama dalam waktu dekat.

Rekonsiliasi yang digelar di Hotel Whiz Prime, Senin (20/8) malam ini dihadiri beberapa pucuk pimpinan ogranisasi kepemudaan (OKp). Antara lain Gubernur DPW Lira Lampung Harmonis Siaga Putra, Ketua DPD Mahasiswa Pancasila Lampung Sugirin Tjastoni, dan Ketua Garda Muda Merah Putih Lampung Imam Setiawan.

Adapun dua kubu pucuk pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Lampung yang telah bersepakat akan mengelar musda dalam waktu dekat yakni, Ketua DPD Lampung Periode 2017-2020 Sudiyanto dan Ketua DPD Lampung Periode 2016-2019 Dian Assafri Nasa’i.

Dalam rekonsiliasi tersebut, sebagai penengah selaku pengurus demisioner Ketua DPD Lampung Periode 2014-2017 Teguh Wibowo menyambut baik adanya kesepakatan tersebut. Sehingga, tidak lagi ada dualisme kepemipinan KNPI di Lampung.

“Jangan sampai terjadi korban, seperti yang pernah terjadi di Jakarta, Kaltim, dan Sulawesi, yang selalu mengalami cekcok terkait adanya dualisme kepemimpinan,” katanya.

Menurut Teguh, KNPI Lampung harus memulai berhimpun dan bersinergi agar kedua kubu dapat bersatu membangun Lampung. “Saya terpanggil. Bagaimana bersama-sama, sehingga jangan sampai ada perpecahan antara pemuda yang ada di Lampung,” ujarnya.

Di sisi lain, Gubernur DPW Lira Lampung Harmonis Siaga Putra selaku perwakilan OKP yang ada di Lampung juga turut mendukung rencana penyatuan dua kubu KNPI. “Sungguh sangat disayangkan kalau dualisme kepemimpinan berlarut-larut. Apalagi sampai ada perpecahan,” ujarnya.

Dengab demikian, dirinya berharap Lampung menjadi contoh bagi daerah lain, dalam menyudahi konflik yang terjadi dalam tubuh KNPI. “Kita mulai dari Lampung, harapannya dualisme kepemimpinan di tingkat pusat juga dapat diakhiri melalui musyawarah untuk sepakat,” imbuhnya.

Ketua DPD Lampung Periode 2016-2019 Dian Assafri Nasa’i di bawah kepemimpianan Ketua DPP KNPI Abdul Aziz akan melalukan upaya koordinasi di tingkat pusat.

“Saya akan koordinasikan dengan DPP, bagaimana formulasinya, apakah akan dibentuk kesepakatan bersama seperti musda. Sehingga, adapun seluruh anggota harus menghormati putusan musda. Sedangkan yang tidak terpilih tidak boleh lagi ada gerakan-gerakan membentuk kepemimpinan lainnya,” harapnya.

Senanda, Ketua DPD Lampung Periode 2017-2020 Sudiyanto di bawah Ketua DPP KNPI Noer Fazriansyah sepakat atas rencana tersebut. Menurtunya, ini akan menjadi titik awal satunya KNPI.

“Tentu hal-hal positif pada malam ini akan disampaikan ke DPP masing-masing, sehingga ada kesepakatan berupa MoU, dan ditetapkan ADART yang satu dan ada legal hukum. Harapnnya tidak ada yang dirugikan. Minimal kita merajut kebersamaan. (apr/sur)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini