oleh

Belasan Hektare Sawah di BNS Gagal Panen

radarlampung.co.id – Musim kemarau di Lampung Barat mulai berdampak. Salah satunya di Pekon Bandaragung, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS). Belasan hektare sawah tadah hujan, kering dan gagal panen.

Plt. Camat BNS Mandala Hasto mengatakan, secara keseluruhan, luas sawah yang kekeringan mencapai puluhan hektare. Namun yang gagal panen mencapai 15 hektare. ”Untuk sawah yang dekat sungai, masih bisa bisa disiasati dengan menggunakan mesin sedot air,” kata Mandala.

Mandala berharap ada solusi dari pemkab agar petani tidak mengalami kerugian. ”Sebagian sawah sudah mendapatkan air dari jaringan irigasi. Untuk yang kekeringan, itu merupakan wilayah yang belum memiliki jaringan irigasi. Karena itu, diharapkan ada penambahan. Kami terus berupaya mengusulkan ini dalam musrenbang,” sebut dia.

Baca :   Banjir Semaka, Ratusan Lahan Persemaian Padi Terendam

Sementara, Wanidi salah seorang petani di wilayah itu mengungkapkan, padi yang sudah mulai berbuah, rusak akibat kekeringan. ”Sawah kami kekeringan. Sebab jauh dari irigasi. Tanaman menguning dan jelas kami gagal panen,” kata dia.

Wanidi mengungkapkan, para petani sudah berupaya memperbaiki hulu air yang masuk ke irigasi. Namun karena debit berkurang, air tidak sampai ke sawah warga. “Kami rugi. Sebab biasanya hasil panen dari sawah ini mencapai 1,5 ton,” kat adia. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi