Politika Dari 60 Pendaftar, Hanya 14 Nama Lolos Passing Grade

Dari 60 Pendaftar, Hanya 14 Nama Lolos Passing Grade

127
ILUSTRASI INTERNET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Incumbent dan peserta berlatar belakang penyelenggara Pemilu ‘berjaya’ dalam seleksi anggota KPU Lampung tahun 2019. Dalam tahap CAT, komisioner KPU Lampung berada di peringkat dua teratas, yakni Antoniyus dengan nilai 70,90. Diikuti Erwan Bustami dengan nilai 69,90. Sementara M. Tio Aliansyah berada di posisi ke enam dengan nilai 69,00.

Selain ketiga incumbent, Fadilasari asal KPU Kota Bandarlampung berada di posisi 10 dengan nilai 65,60.

Ketua Timsel Tuntun Sinaga mengatakan pihaknya sangat menyayangkan dari 60 nama yang ikut CAT, hanya 14 nama yang masuk passing grade, yakni di atas 60 dari total nilai 100. Dia menganggap Lampung masih minim Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya juga sempat khawatir, sebab jika di bawah 14 orang, itu harus diulang tesnya. Saya bingung, ada apa dengan SDM Lampung,” ungkapnya, Kamis (22/8).

Tuntun juga mengaku bingung apakah soal yang diberikan terlalu sulit atau memang ada pembahasan baru. Sebab, paling tinggi nilai hanya di angka 70 saja. Menurut dia jika dibanding dengan DKI Jakarta, rata-rata nilai bisa mencapai 86.

“Kebanyakan yang lolos itu kan berlatar belakang penyelenggara. Apalagi yang bukan penyelenggara. Ya sudah gugur lah itu. Bayangkan saja, jika Lampung saja paling tinggi 70, bagaimana yang di kabupaten/kota atau di provinsi lain, Jambi dan Bengkulu misalnya,” kata dia.

Tuntun bilang, selain 14 nama yang lolos passing grade, peserta lain langsung dinyatakan gugur. “Paling-piling jika masih berminat menjadi penyelenggara, yang kabupaten/kota kan masih rekrutmen, ” imbuhnya.

Selanjutnya, sambung Tuntun, 14 nama yang lolos akan melaksanakan tes psikologi pada 26-30 Agustus 2019 di Hotel Bukit Randu. Dilanjutkan dengan tes kesehatan dan wawancara. “Saya harap 14 nama ini bisa bertahan sampai ke KPU RI,” kata dia. (abd/sur)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini