oleh

Pertama di Lampung, Tuba Terapkan Program E-Signature

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang menerapkan sistem digital e-signature. Ini ditandai dengan koordinasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) setempat ke Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan.

Kepala Dinas PMPTSP Lusiana mengatakan, Tulangbawang merupakan kabupaten pertama dan satu-satunya di Lampung yang telah menerapkan sistem e-signature. ”Dengan penggunaan aplikasi ini, pejabat pelayanan perizinan bisa mempercepat penerbitan izin. Pejabat bisa memberikan tanda tangan meski berada di luar ruang kerja,” kata Lusiana kepada Radarlampung.co.id, Jumat (23/8).

Terobosan ini sejalan dengan 25 program unggulan prorakyat tentang percepatan pelayanan publik yang menjadi komitmen Bupati Tulangbawang Winarti. “Jadi Pejabat yang menandatangi izin dan nonizin, ke depan dapat melaksanakan tugasnya dengan cepat dan akurat. Meski mereka sedang di luar ruang kerja,” tegasnya.

Baca :   Rp31,553 Miliar untuk Kecamatan BNS dan Suoh

Lusiana menjelaskan, mekanisme penggunaan sistem ini sangat efektif dan efisien. Pejabat berwenang cukup menandatangani izin atau approval (pengesahan) pada menu di komputer atau smartphone.

”Tanda tangan tersebut secara langsung tercetak pada dokumen izin. Sehingga mereka (pejabat berwenang, Red) tidak perlu lagi menandatangani berulang-ulang dokumen izin yang akan diterbitkan,” sebut dia. (nal/ais)

Komentar

Rekomendasi