oleh

Bapenda Pesawaran Siapkan Program E-Pajak

radarlampung.co.id – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pesawaran menyosialisasikan optimalisasi pajak kepada pemilik hotel dan tempat hiburan. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya.

“Kami berharap para wajib pajak dapat berpartisipasi dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi di bidang perpajakan, dengan binaan dan pendampingan dari Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Kepala Bapenda Pesawaran Wildan saat membuka sosialisasi di Pulau Pahawang, Kecamatan Margapunduh, Selasa (27/8).

Selain sosialisasi, dalam upaya meningkatkan kepercayaan dan pelayanan kepada wajib pajak, Pemkab Pesawaran akan melakukan inovasi pengelolaan pajak daerah. Yakni membangun sistem informasi pengelolaan pajak daerah berbasis elektronik (e-Pajak).

Melalui sistem ini, diharapkan memberikan manfaat kepada wajib pajak. Antara lain mempermudah dan mempercepat pembayaran pajak, bukti bayar yang valid dan modern, proteksi dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan memberikan kenyamanan kepada wajib pajak.

”Pajak terkadang menjadi hal yang sangat sensitif dan dihindari oleh para pelaku usaha sebagai wajib pajak. Ini tantangan yang dihadapi oleh petugas perpajakan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya. Karena itu, dalam pengelolaan pajak diperlukan adanya kepercayaan (trust), seni atau inovasi dalam pemungutan, ketekunan dan kesabaran dalam melakukan pendekatan kepada para wajib pajak,” tandasnya. (rus/ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi