oleh

Relawan DKI-Lampung Pastikan Penuhi Undangan Menteri Bappenas

radarlampung.co.id – Desakan transparansi kajian pemilihan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia (RI) terus mencuat. Salah satunya datang dari Relawan FGD DKI-Lampung.

Merespon hal ini, Menteri Badan Perancangan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyatakan bakal memberikan penjelasan langsung soal alasan pemilihan lokasi Kaltim. “Saya akan undang tim Lampung bertemu tim Bappenas,” kata Bambang melalui pesan singkatnya, Rabu (28/8).

Atas undangan tersebut, Inisiator Relawan FGD DKI Lampung Andi Desfiandi menyambut baik langkah Menteri Bappnenas. Menurutnya, pembukaan kajian memang perlu dilakukan untuk mengetahui apakah kajian dilakukan objektif dan komfrehensip.

“Benar, Menteri Bappenas akan mengundang DKI Lampung dalam pembahasan kajian Ibu Kota RI. Kan kami minta kajian dibuka dan diuji publik agar penetapan Ibu Kota benar-benar objektif,” kata Andi.

Dia menyetujui keputusan pemerintah atas pemilihan Provinsi yang menjadi Ibu Kota Baru tersebut. Hanya saja ditakutkan dengan tidak dibukanya kajian akan menimbulkan beragam persepsi.

“Bukan kita tidak mendukung, kami hanya ingin mendapatkan keputusan dan kajian yang objektif. Barangkali saja kita tidak tahu, sehingga menimbulkan persepsi macam-macam,” tambahnya.

Sebab, ada kekhawatiran pihaknya bila pemilihan Kaltim sebagai Ibu Kota berdasarkan berbagai alasan di luar ilmiah dan tidak objektif.

“Kalau untuk pindah kami memang mendukung sekali, hanya yang menjadi masalah apakah lokasi Ibu Kota baru benar-benar sudah tepat, ditinjau dari aspek mendukung itu yang kami tunggu penjelasannya,” tandas Andi. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi