oleh

Canangkan Jumat Menanam di Pemkab Pesawaran

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran mencanangkan program Jumat Menanam, agar menjadi kebiasaan aparatur sipil negara (ASN) di pemkab setempat. Hal ini disampaikan Bupati Dendi Ramadhona saat menyerahkan hibah kecil dalam kegiatan proyek cross cutting capacity development (CCCD) kepada 19 penerima di aula pemkab, Kamis (29/8).

”Setiap Jumat, menanam satu pohon. Kita biasakan membawa satu bibit. Saat ini, kita belum menanam tanaman keras, baru horti. Itu akan kita jadikan muatan lokal, yang sementara ini akan diterapkan kepada ASN,” kata Dendi.

Ke depan, program ini akan diteruskan sampai tingkat desa. Hal itu sinkron dengan program CCCD yang akan membangun model DAS mikro di sekitaran perintian dan register 21 seluas 424 hektare.  ”Kita hanya mampu jaga hilirnya saja. Untuk hulunya kita belum sanggup. Program ini tentunya akan sangat membantu kita,” tegasnya.

Awalnya, terus Dendi, ia menduga program ini baru diatas kertas. “Padahal baru kemarin rapat-rapatnya. Kok, tiba-tiba sudah berjalan. Istimewanya, se-Indonesia hanya ada dua titik pada dua provinsi yakni Jawa Timur (Malang) dan Lampung, Pesawaran, salah satunya,” urainya.

Dendi melanjutkan, banyak faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan. ”Karenanya, mode seperti apa yang akan dibuat CCCD, tentunya akan ada konservasi di sana. Butuh peran semua masyarakat,” tegasnya.

Lebih jauh Dendi mengungkapkan, Desa Bayasjaya dipilih sebagai lokasi proyek CCCD karena hulu daerah aliran sungai ada di desa tersebut. ”Bayasjaya menyimpan potensi yang besar. Ini harus menjadi program kemandirian. Manfaatkan dan jadikan program berkelanjutan,” tandasnya. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi