oleh

Kebakaran Rumah Semi Permanen, Saksi: Api Muncul dari Plafon

RADARLAMPUNG.CO.ID – Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya rumah semi permanen di Jl. Indra Bangsawan, Rajabasa, Bandarlampung atau tepatnya di dekat Pasar Tempel Rajabasa, Sabtu (31/8) siang.

Hanya saja, Ica Sulaiman (40) salah satu saksi dan juga sepupu dari pemilik rumah mengatakan, apai muncul dari plafon rumah. Menurutnya, saat kejadian itu pemilik rumah yakni Ashari sedang bekerja menarik penumpang di Terminal Rajabasa.

“Di rumah juga hanya ada istrinya yang sedang masak di belakang. Tiba-tiba sekitar pukul 13.00 WIB, di atas plafon rumah tiba-tiba api dan asap yang tebal telah membumbung tinggi melahap sebagian rumah yang juga bahan bangunannya terbuat dari kayu. Jadi enggak tahu api itu muncul dari mana, tiba-tiba api sudah membumbung tinggi,” kata Ica kepada radarlampung.co.id.

Ketika itu juga, sambungnya, api telah melahap bagian dalam rumah. Sehingga barang-barang berharga lainnya tidak bisa diselamatkan lagi. “Karena memang saat itu juga di dalam rumah terdengar suara ledakan entah itu dari alat-alat elektronik atau tabung gas,” jelasnya.

Menurutnya, akibat dari peristiwa kebakaran ini kerugian yang dialami oleh sepupunya itu mencapai ratusan juta rupiah. “Kerugian juga diperkirakan mencapai ratusan juta. Dan ada mobil sedan kebakar juga bagian sampingnya, untung enggak merambat lebar dan masih bisa diselamatkan tadi,” ungkapnya.

Dia berharap dari peristiwa ini, pihak Pemerintah Kota Bandarlampung bisa memfasilitasi kerugian dari rumah yang terbakar ini.

“Karena memang sempat kemarin, Walikota Herman H.N pernah berbicara bahwa, rumah panggung ini merupakan wisata budaya yang dimana artinya benar-benar rumah peninggalan bersejarah. Dan dari regenerasi kami merupakan generasi keempat yang menempati rumah ini dari generasi pertama yakni tahun 1700 dan 1800-an,” pungkasnya. (ang/kyd)

Komentar

Rekomendasi