oleh

PAN Lamtim Gabung Fraksi Demokrat

radarlampung.co.id – Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan bergabung dengan Partai Demokrat untuk membentuk fraksi di DPRD Lampung Timur. Ini dilakukan lantaran partai tersebut hanya memperoleh satu kursi pada Pemilu 2019.

Ketua DPD PAN Lampung Timur Asmara Dewi menjelaskan, partai yang dipimpinnya mendapatkan satu kursi atas nama Najamudin. Karenanya, PAN tidak dapat membentuk fraksi sendiri seperti periode 2014-2019. “Kami memutuskan untuk bergabung dengan Partai Demokrat membentuk fraksi di DPRD Lamtim,” kata Asmara Dewi.

Dengan bergabungnya PAN, maka Fraksi Partai Demokrat di DPRD Lamtim beranggotakan tujuh orang. Di mana, pada Pemilu 2019, partai tersebut meraih enam kursi.

Diketahui, pembentukan fraksi dan alat kelengkapan dewan, termasuk unsur pimpinan paling lambat satu bulan setelah pelantikan.

Ketua sementara DPRD Lamtim Ali Johan Arif mengatakan, jumlah anggota setiap fraksi sekurang-kurangnya adalah sama dengan jumlah komisi. Karena, di DPRD Lamtim rencananya ada empat komisi, maka anggota fraksi paling sedikit empat orang.

Berdasar hasil Pemilu 2019, ada tujuh partai politik yang dapat membentuk fraksi sendiri. Yaitu PDIP dengan sembilan anggota, PKB dan Partai NasDem masing-masing delapan anggota.

Kemudian Partai Golkar tujuh anggota, Partai Gerindra dan Parai Demokrat masing-masing enam anggota serta PKS lima anggota. Sementara PAN hanya mendapatkan satu kursi dan harus bergabung dengan salah satu fraksi yang ada. (wid/ais)



Komentar

Rekomendasi