oleh

Panen Cabai, Pesawaran Siap Suplai Hingga Luar Provinsi  

radarlampung.co.id – Petani cabai di Pesawaran dapat tersenyum. Panen raya saat ini diiringi dengan harga yang cukup tinggi

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N., mengatakan, beberapa kecamatan yang menjadi pusat pengembangan cabai adalah Tegineneng, Waylima dan Kecamatan Wayratai.

“Untuk Tegineneng saja, potensi siap panen mencapai 400 hektare. Dalam satu bulan terakhir, sudah 120 hektare lahan dipanen,”kata Anca Martha Utama, Senin (2/9).

Anca menuturkan, Tegineneng merupakan kecamatan terluas sebagai penghasil cabai. Hasil panen tidak hanya mencukupi kebutuhan masyarakat Pesawaran. Namun juga hingga keluar daerah.

”Bahkan bisa menyuplai luar provinsi. Apalagi sekarang harga cabai sekitar Rp60 ribu per kilogram,” ucapnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Tanaman Hortikultura, Sarwoko, rata-rata produksi cabai mencapai delapan ton per hektare. ”Panen di Tegineneng, tidak hanya untuk kita. Tapi Bandarlampung dan kabupaten lain. Bahkan hingga luar Lampung,” sebut dia.

Sarwoko melanjutkan, untuk pengembangan tanaman cabai, Pemkab Pesawaran akan memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani dengan total luas lahan mencapai sekitar 70 hektare. ”Tahun ini sekitar 70 hektare untuk pengembangan cabai. Dari luas tersebut, 50 hektare untuk cabai besar dan 20 hektare cabai rawit,” urianya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi