oleh

Belasan Pejabat Pemkab Lambar Ikut Talent Pool

radarlampung.co.id – Sebanyak 18 pejabat di Pemkab Lampung Barat yang terdiri dari tiga jabatan pimpinan tinggi (JPT) dan 15 administrator mengikuti penilaian potensi dan kompetensi (talent pool) yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Pontianak. Kegiatan tersebut  berlangsung mulai Selasa-Kamis (3-5/9).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lambar Nukman M.S. mengatakan, penilaian potensi dan kompetensi tersebut bertujuan mendapatkan data profil JPT dan administrator yang diperlukan untuk menyusun talent pool secara nasional guna menjadi dasar penilaian atau seleksi lebih lanjut. Kemudian pengembangan kompetensi kepemimpinan kader yang potensial.

“Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi guna penyusunan talent pool JPT dan administrator dapat memberikan manfaat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan karirnya. Bagi instansi partisipan,  memiliki database profil potensi dan kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator,” kata Nukman.

Dilanjutkan, dengan keikutsertaan tersebut, maka menjadi dasar penerapan manajemen ASN yang transparan, Kompetitif dan berbasis merit. Kemudian pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi.

”Talent pool yang tersusun nantinya terintegrasi dengan sistem informasi dan manajemen kepegawaian (Simpeg). Kemudian dijadikan sebagai panduan bagi pemerintah daerah dalam memetakan PNS berdasar peminatan, rumpun pendidikan dan pembidangan kompetensi. Sementara talent pool akan dijadikan pedoman dalam menerapkan merit daerah,” urainya. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi