oleh

2020, Pemkab Tubaba Programkan Pelor S3

radarlampung.co.id – Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) terus berupaya meningkatkan populasi ternak di kabupaten setempat. Salah satunya dengan program Peternak Pelopor Satu Induk Satu Anak Satu Tahun (Pelor S3) yang rencananya akan diluncurkan Dinas Peternakan Kabupaten setempat tahun 2020 mendatang.

Program ini nantinya tidak lagi menggunakan pendekatan teknologi, tetapi dengan pendekatan sosial di masing-masing tiyuh.

“Nanti kita bentuk komunitas peternak pelopor di masing-masing tiyuh. Mereka inilah yang nantinya akan mendorong masyarakat dalam meningkatkan populasi ternak Sapi,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tubaba drh. Nazaruddin, Rabu (4/9).

Menurutnya, Peternak pelopor merupakan komunitas peternak yang terdiri dari pelaku usaha, pemerhati ternak, orang cakap, dan hobi beternak, serta paham dalam meningkatkan produksi ternak yang ada di masing-masing tiyuh.

“Nantinya, peternak pelopor ini bisa mempengaruhi masyarakat lainnya, menjadi tempat percontohan, memberi solusi, dan tempat belajar masyarakat lainnya dalam beternak, sehingga populasi ternak di Tubaba khususnya Sapi diharapkan dapat meningkat,” ujarnya.

Untuk menjalankan program ini, pihaknya tengah menggodok draft regulasinya, sehingga program tersebut nantinya dapat dijalankan dengan payung hukum peraturan Bupati.

“Kami tengah menggodok draft program ini, kemudian mensosialisasikan kepada masyarakat, dengan harapan pada tahun 2020 mendatang bisa digulirkan. Tapi tentunya kegiatan ini juga tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan pimpinan dan masyarakat di kabupaten ini,” tandasnya.(fei/rnn/kyd)

Komentar

Rekomendasi