oleh

Tahun Baru 1441 H, Raden Adipati Nonton Wayang Kulit di Bumiagung

radarlampung.co.id – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menghadiri pagelaran wayang kulit di Kampung Bumi Sai Agung, Kecamatan Bumiagung, Selasa malam (3/9). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam peringatan Tahun Baru 1441 Hijriah.

Raden Adipati mengapresiasi gelaran wayang kulit tersebut. ”Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi alat pemersatu umat. Memberikan nuansa yang agamis, teduh dan damai bagi masyarakat,” tegas Raden Adipati.

Menurut dia, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai media dakwah. Salah satunya pertunjukan wayang kulit. Selain menyuguhkan hiburan bagi masyarakat, juga menyampaikan dakwah yang bermanfaat bagi masyarakat yang dewasa ini cenderung tergantung dengan media sosial.

Terlebih penggunaan media sosial berdampak pada beberapa hal. Salah satunya interaksi dan silaturahmi jadi berkurang. ”Ini disebabkan mudahnya mengakses segala bentuk informasi yang kita inginkan. Cukup berdiam diri di rumah,” ujarnya.

Sementara Camat Bumiagung Andrew Aulia mengungkapkan, wayang kulit ini merupakan salah satu upaya masyarakat melestarikan budaya daerah yang mulai terkikis. ”Wayang kulit ini merupakan peninggalan nenek moyang kita. Bahkan salah satu wali, yakni Sunan Kalijaga menjadikan wayang kulit sebagai senjata ampuh dalam mengembangkan Islam di tanah Jawa,” sebut dia. (sah/ais)



Komentar

Rekomendasi