oleh

Tiap Kemarau, Bukit Sarno Langganan Kebakaran

radarlampung.co.id – Kebakaran di Bukit Sarno, Pekon Tambahsari, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu berhasil diatasi. Selain petugas pemadam kebakaran dan warga, Polres Tanggamus juga menurunkan personel membantu proses pemadaman.

Api yang diperkirakan menyala sejak sore terus menjalar ke bagian atas dan bawah. Perbukitan itu merupakan kawasan tanaman jati. Setiap kemarau, wilayah tersebut kerap terbakar.

“Kami menerjunkan personel bantuan guna memastikan api tidak menjalar ke pemukiman warga,” kata Plh. Kapolres Tanggamus AKBP Joko Bintoro yang langsung memantau lokasi kebakaran, dalam keterangannya melalui humas polres.

Untuk mengantisipasi kembali munculnya titik api,  personel gabungan masih bersiaga di sejumlah titik pemantauan.

Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim mengatakan, lahan yang terbakar di  bukit terdiri dari kebun jati seluas lima hektare. “Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.15 WIB,” kata Khotim.

Dilanjutkan, saat kebakaran, api terlihat dari arah selatan bukit sekitar satu kilometer. “Satgas melakukan  penyekatan guna mengantisipasi api,  agar tidak menjalar ke pemukiman warga yang jaraknya sekitar 70 meter. Api kini sudah padam,” sebut dia. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi