oleh

Antisipasi Banjir Bandang, Pemkab Lampura Normalisasikan Tiga Aliran Sungai

radarlampung.co.id – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang pada saat musim hujan mendatang, Pemkab Lampung Utara (Lampura) bakal melakukan pengerukan aliran sungai yang dangkal.

Normalisasi sungai tersebut rencananya akan dipusatkan di aliran Way (sungai) Sesah, Way Umban dan Way Rarem. Sementara, aliran sungai tersebut berada di pusat Kota Kotabumi.

Kepala BPBD Lampura Karim SR mengatakan pihaknya sebagai leading sektor koordinator masalah bencana di daerah telah dimandatkan untuk melakukan koordinasi, terkait rencana pengerukan sejumlah aliran sungai yang berada di Kotabumi. 

Hal itu mengingat kondisi sungai saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan kegiatan itu karena dalam keadaan kering akibat kemarau panjang tahun ini.

“Kita (BPBD Lampura, Red), dapat instruksi langsung dari Bapak Bupati, Agung Ilmu Mangkunegara agar musim hujan mendatang dapat minim bencana banjir,” kata Karim, Senin (9/9).

Guna memaksimalkan kegiatan tersebut, sambung Karim, pihaknya tengah melaksanakan koordinasi bersama OPD dan satker terkait, seperti Bappeda, DPUPR, DLH, DPKP dan lainnya.

“Kita akan menggelar rapat koordinasi intensif untuk mempercepat pekerjaan. Saat ini musim kemarau, waktu yang tepat untuk melakukan pengerukan aliran sungai,” tandas Karim. (ozy/kyd)



Komentar

Rekomendasi