oleh

Jamaah Haji Tuba yang Meninggal di Madinah Alami Sesak Nafas Sebelum Berangkat Haji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perwakilan kantor Kemenag dan Pemkab Tulangbawang mendatangi rumah duka Sarwanto Samiri Adam, jamaah haji asal Kampung Dwiwarga Tunggaljaya, Kecamatan Banjaragung, Tulangbawang yang meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tulangbawang Zainal Arifin kepada radarlampung.co.id mengatakan, keluarga almarhum Sarwanto masih terpukul atas kepergian jamaah haji asal Kloter 61 JKG tersebut.

“Keluarga almarhum masih terpukul dan masih sedikit tertutup. Kita pahami itu karena memang sedang berduka cita,” kata Zainal, Senin (10/9).

Zainal menerangkan, pihaknya pertama kali menyampaikan kabar duka kepada keluarga almarhum Sarwanto Senin (9/9) malam usai mendapat kabar dari Arab Saudi.

“Pada dasarnya keluarga almarhum sudah menerima dan mengikhlaskan,” ungkapnya.

Kemenag bersama perwakilan Pemkab Tulangbawang melalui bagian Kesra datang ke rumah duka untuk menyampaikan ucapan duka cita sekaligus memberikan santunan dari Pemerintah Daerah yang merupakan realisasi dari 25 program.

“Istri almarhum bercerita jika memang beliau sudah sering sakit sesak di area pernapasan sebelum berangkat. Almarhum dulunya juga sempat mengalami kecelakaan sehingga saat menunaikan ibadah haji sedikit terganggu,” jelasnya.

Almarhum meninggalkan satu orang istri. “Istri beliau yang sekarang adalah istri keduanya setelah sebelumnya bercerai dengan mantan istrinya. Almarhum juga meninggalkan satu anak angkat, beliau tidak memiliki anak kandung,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sarwanto Samiri Adam jamaah haji asal Kampung Dwiwarga Tunggaljaya, Kecamatan Banjaragung, Tulangbawang meninggal dunia Senin (9/9) sekitar pukul 11.00 waktu Arab Saudi.

Almarhum Sarwanto yang tergabung dalam kelompok terbang (Keloter) 61 JKG meninggal setelah dirawat beberapa hari di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Anshor.

Sarwanto meninggal dunia akibat sakit pernapasan yang telah lama diidapnya. Sebelum meninggal, Almarhum sempat dirawat di pos kesehatan kloter di Madinah.

Jenazah Sarwanto akhirnya dimakamkan di pemakaman baqi Madinah setelah sempat disalatkan di Masjid Nabawi ba`da ashar kemarin. (nal/sur)



Komentar

Rekomendasi